Jumat, 27 Juni 2014

Makronutrien dan Mikronutrien



Makanan, yah semua orang membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup, tapi tidak semua orang menyadari apa yang mereka makan. Biasanya mereka makan, dengan dalih asal perut kenyang. Atau sering juga kita mendengar istilah "Yang Penting Enak"...

Wah itu tidak baik, dan harus segera di ubah cara pandang mereka, soalnya tidak hanya perut kenyang, ditambah rasa enak makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Yaap, anak SD juga tahu, kalau kita membutuhkan makanan bergizi. Tapi sebenarnya makanan bergizi itu yang kaya gimana sih? Ayo kita bahas lebih lanjut.. :)

Tubuh kita membutuhkan bermacam-macam zat makanan, baik zat makanan mikro maupun makro..
Apa itu zat makanan mikro? Zat makanan mikro atau makronutrien merupakan zat makanan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, contonya vitamin dan mineral. Walaupun dalam jumlah sedikit, jika kita kekurangan zat ini, juga bisa mengganggu fungsi tubuh.
Kemudian apa itu makronutrien? Berbeda dengan mikronutrien, makronutrien dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Biasanya zat makronutrien bisa menghasilkan energi, contohnya adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Selain zat-zat tersebut dapat menghasilkan juga dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel baru.

Nah, sekarang udah tahu kan, kita harus makan apa.. Betul, kita harus memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien untuk tubuh kita.. Jangan asal makan ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar